Kiamat 2012 Antara Ramalan, Sains dan Tinjauan Nubuwat Akhir Zaman (Sebuah Pengantar)

KIAMAT 2012, antara Ramalan, Sains dan Tinjauan Nubuwat Akhir ZamanSalah satu bukti kekayaan khazanah Islam adalah nubuwat-nubuwat Rasulullah saw tentang masa depan. Tidak satupun agama yang memiliki khazanah tentang akhir zaman –yang terjaga keotentikannya- hingga kini melebihi apa yang dimiliki oleh Islam.

Salah satu bukti akan hal ini adalah apa yang termuat dalam sebuah riwayat shahih[1] dari Abu Zaid Amru bin Akhtab, ia berkata:

“Rasulullah shalat Subuh bersama kami, kemudian beliau naik ke mimbar dan menyampaikan khutbah kepada kami sampai datangnya waktu shalat Dhuhur. Beliau lantas turun dari mimbar dan melaksanakan shalat Dhuhur. Beliau kemudian naik ke mimbar kembali dan menyampaikan khutbah sampai datangnya waktu Ashar. Beliau lantas turun dari mimbar dan mengerjakan shalat Ashar. Beliau kemudian kembali naik ke mimbar dan menyampaikan lanjutan khutbah hingga waktu matahari terbenam. Dalam khutbah tersebut, beliau memberitahukan kepada kami peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lampau, dan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada masa mendatang. Orang yang paling tahu di antara kami tentang peristiwa-peristiwa tersebut adalah orang yang paling kuat hafalannya di antara kami.”[2]Riwayat di atas secara tersirat mengindikasikan bahwa berbagai peristiwa besar yang berkaitan dengan kondisi dunia di akhir zaman. Karenanya, kita banyak menemukan penjelasan tentang hadits ini dalam berbagai riwayat yang oleh para ahli hadits biasanya dimasukkan dalam ‘kitabul fitan’. Sebagian riwayat menyebutkan peristiwa-peristiwa itu secara global, namun ada juga yang menjelaskan secara rinci.

Salah satu isu mutakhir berkaitan dengan akhir zaman dan masa depan dunia adalah apa yang kita kenal dengan istilah ‘KIAMAT 2012’. Coba anda klik entri “2012 the end of the world” atau ‘Kiamat 2012’ atau ‘Ramalan maya’ akan ada lebih dari 700.000 hit untuk anda klik. Lebih dari 6500 video telah diposting di YouTube. Ribuan buku juga menulis mengenai hal itu, mengikuti sukses buku Daniel Pinchbeck: “2012: The Return of Quetzalcoatl,” yang terjual ribuan kopi tiap bulannya.

Sebenarnya isu ini sudah cukup lama diangkat ke permukaan. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini isu ini kian ramai dibicarakan. Media massa, cetak dan elektronik tidak ketinggalan turut meramaikan isu yang cukup heboh ini. Banyak kalangan dari mulai pakar astronomi, geologi, saintologi, bahkan paranormal dan selebritis, termasuk sebagian tokoh masyarakat dan kiyai ikut terlibat dalam memperbincangkan tema ini.

Dalam Islam, persoalan hari akhir menduduki masalah yang sangat urgen. Ini menyangkut pola pandang dan sikap yang menentukan kedudukan dan nasib seseorang, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Karenanya, jika persoalan yang sangat urgen ini jatuh ke tangan orang-orang yang tidak tepat, tentu akan menimbulkan persoalan besar. Masalah ini harus dikembalikan kepada dua landasan yang utama; Al-Qur’an dan As-Sunnah. Setiap muslim harus menjadikan keduanya sebagai patokan dan dasar pijak dalam berfikir dan bertindak.

Sejauh yang kami peroleh, banyak sekali pendapat dan komentar-komentar seputar fenomena Kiamat 2012 yang sudah keluar dari koridor syar’i. Mengandalkan analisa para ilmuan, ramalan paranormal, komentar para selebritis dan celotehan orang-orang awam yang asal bunyi, itulah yang banyak menimpa banyak orang. Karenanya, membawa masalah ini kepada pemahaman yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah sangat diperlukan. Dari sinilah kami berangkat untuk mengangkat tema Kiamat 2012 dalam tinjauan nubuwat Rasulullah saw.

Buku ini mencoba untuk meluruskan berbagai pandangan tentang isu kiamat 2012, baik yang pro dan kontra. Banyak hal yang belum dikupas dari berbagai tulisan yang membicarakan tentang topik ini, terutama bila dikaitkan dengan nubuwat akhir zaman. Mudah-mudahan kehadiran buku ini bisa memberikan jawaban terkait dengan isu-isu kiamat 2012 yang meresahkan banyak orang.


[1] Penulis tidak bosan-bosannya menyampaikan hadits ini dan menjadikan riwayat ini sebagai dasar pijak dalam membahas berbagai persoalan tentang nubuwat akhir zaman. Karenanya, baik dalam bahasa lisan maupun tulisan penulis selalu membawakan hadits ini di awal pembahasan.

 

[2]. HR. Muslim: no. 5149 dan Ahmad no. 21817.

8 comments so far

  1. JDBosco Ngeljaratan on

    Memahami tulisan seseorang tentang suatu materi perlu memiliki sudut pandang lain sehingga seseorang tidak terjebak dalam fanatisme sempit sebuah agama. Akhir zaman dapat ditemukan dalam kitab suci agama lain yang sangat jelas mengatakan hanya Tuhan yang tau kapan akhir zaman itu terjadi sedangkan semua nabi tidak mengetahui.Sebuah pengalaman imani yang konkrit adalah kematian adalah akhir zaman seseorang dalam hidupnya. Dunia mengalami akhir zamannya hanya Tuhan yang tau.

  2. hasib on

    sy sgt2 tdk percaya klu kiamat terjadi pd thn 2012 bahwsnya sebelum kiamat dtg itu pasti akan dtg DAJJAL makhluk allah yg pintar memfitnah,dan sebelum dajjal itu dtg ke Bumi,di bumi sedang terjadi KEMARAU PANJANG SELAMA 3 TAHUN lamanya,
    INTINYA: klu benar kiama dtg pd tahn 2012,kok di bmi ini belum ada tanda2 kemarau panjang?dan belum dtg dajjal? jadi kita semua itu tdk boleh percaya sm yg begituan yg tau hanyalah ALLAH bkn MAMA LAUREN/PARA PKR YG TD BS MENENTUKAN misalnya kita nanya ke peramal misalnya KAPAN MAMA LAUREN MENINGGAL DAN KAPAN KIAMAT TERJADI? pastinya mama lauren bisa menjawab KIAMAT IT DTG THN 2012,TETAPI SY TDK TAU KPN SY MATI.kan sdah jelas BOHONG BESAR…,dia bisa ta kpn kiamat dtg,tp tdk tau kpn dia mati…,namanya BEGO kan,kan di dlm AL-QUR’AN sudah di jelaskan begitu pula di AS-SUNAH.
    HARI GINI MSH PERCAYA SM YG BEGITUAN NAUDZUBILLAH MINDZALIK

    • teh on

      setuju banget ma yg di atas ni..

    • upi nurhanifah on

      iyaaa benar itu,,,saya setuju sekali dengan pendapat kamu

  3. upi nurhanifah on

    iyaaaa betu ituuu,,,,jangan percaya kalo 2012 akan kiamat,,dy bisa meramalkan kalau 2012 akan kiamat,,tapi dy bisa tdk kalau meramalkan umurnya sndri…???
    malaikat dan nabi saja tidak di beri tau kalau akan terjadi kiamat…..masa manusia bisa tau siih,,,,uuuyyy sadar dooonk,,,kiamat itu Allah yang ngatur bukan manusiaaaaaa

  4. upi nurhanifah on

    2012 enttu bKan kiamat kaleee,
    qTa smwa tuch gc aD y9 tw kPan trJdi’a kiamat…..y9 psti qTa takwa jj lach sma Allah……mungkin bkan kiamat tp mungkin sja peristiwa/bencana alam…..
    yeaaa khaaannnn

  5. samuel on

    kiamat itu rahasia allah manusia tidak tahu kapan kiamat

  6. TITIN on

    tidak ad yg mengetahui kapan kiamat itu akan terjadi,,
    hanya Dia (Allah) yg mengetahi kapan Dia akan turun k’bumi untuk ke Dua kalinya.. setelah Dia selesai menyediakan tempat buat kita yg mau percaya kepadaNya. Dimna Dia ada di situpun kita berada.

    DAMAI SEJAHTERA BUAT KITA SEMUA. AMIN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: